Rabu, 29 Maret 2017

Tugas pengantar komputasi modern



TUGAS PENGANTAR KOMPUTASI MODERN



Disusun Oleh  :

Nama  : Diki Fatih Al Farabbi
NPM    : 52413450
Kelas    : 4IA07
Dosen  : Siti Saidah



UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
ATA 2016/2017

Assalamu’alaikum, saya akan menulis pengamatan dilakukan untuk memenuhi tugas kuliah saya. Disini, saya akan menampilkan halaman dan menu-menu yang terdapat di website http://www.goldengoalindonesia.com/ Selain itu, saya juga akan menjelaskan pada setiap tampilan dan akan memberikan penilaian saya terhadap website tersebut. Berikut penjelasan pengamatan saya :
GOLDEN GOAL INDONESIA
            PT BUMI PERKASA SURYA MAS adalah perusahaan yang memfokuskan pada penjualan eceran alat-alat olahraga ber-merek khususnya sepakbola & futsal dengan harga diskon. PT Bumi Perkasa Surya Mas dengan nama : Toko Golden Goal memiliki 2 divisi untuk melayani konsumen secara Nasional. Golden goal Indonesia merupakan salah satu toko olahraga terbaik dan terlengkap yang berada di Bekasi. Tempat belanja online shop dengan produk branded original dan discount besar setiap produknya. Golden goal juga salah satu toko olahraga terbesar di Indonesia dengan bermacam-macam produk yang lengkap.
Halaman Awal (Home Page)

Tampilan awal web Golden goal Indonesia. Di tampilan ini terdapat macam-macam brand produk, jam kerja, layanan customer, bagaimana order pesanan dan tentang sejarah golden goal. Selain itu, terdapat juga keranjang belanja dan menu login dan register di bagian kiri atas web. Menu Login berfungsi untuk membuat akun adan register untuk mendaftarkan diri dan dapat langsung Login bagi pelanggan yang telah mendaftar. Tidak ketinggalan, terdapat juga kotak Search atau pencarian dari produk macam-macam branded yang pelanggan inginkan.
Menu Kategori produk

Pada saat klik salah satu kategori, maka secara otomatis akan menampilkan drop-down dari jenis-jenis kategori yang ada di golden goal. Seperti sepatu bola, sepatu futsal, bola, sendal dan lainnya. Pelanggan dapat memilih dan melihat-lihat produk sesuai dengan kebutuhan. Produk ini untuk semua umur dari orang dewasa sampai anak-anak.






Produk macam-macam branded

Di golden goal juga terdapat berbagai jenis produk yang dijual secara online. Pelanggan dapat melihat nama branded dan harga dari jenis produk yang dijual tersebut. Terdapat juga pilihan Beli untuk langsung dimasukkan ke keranjang belanja. Selain itu, pelanggan dapat melihat informasi detail mengenai produk yang diklik itu. Mulai dari harga, warna, ukuran dan jumlah barang. Berikut adalah tampilannya :




Menu Cara Belanja Online

 Metode cara yang dibuat untuk memudahkan proses transaksi belanja online oleh pelanggan. Disini dijelaskan secara detail mengenai tata cara pelanggan mulai dari login sampai melakukan pembayaran.
Menu Register

Golden Goal Indonesia menyediakan menu register untuk para pelanggannya yang belum mendaftar. Bagi pelanggan yang telah mendaftar, dapat langsung login dengan menggunakan akun yang dibuat sebelumnya.
Pada bagian bawah, terdapat tombol Proses Pembayaran. Proses pembayaran ini akan mengarahkan pelanggan ke menu login untuk melakukan registrasi atau pun langsung login. Jika sudah, akan diminta alamat pelanggan untuk mengirim barangnya.
Tentang Kami Goldem Goal Indonesia

Ini adalah tampilan untuk melihat perihal mengenai Golden Goal Indonesia. Mulai dari misi, strategi dan prinsip penjualan.
Media Sosial

Golden Goal mempunyai beberapa akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram. Pelanggan juga dapat memfollow atau mengikuti akun media sosialnya dan sekaligus melihat-lihat produk branden apa saja yang ditawarkan.                  
 
Analisa
A.      Kelebihan Website
·         Memiliki fitur web yang menarik pelanggan online.
·         Memberikan informasi detail mengenai produk branden terkenal luar negri maupun dalam negri, mengupdate produk-produk yang baru, kontak, lokasi dan proses transaksi belanja online kepada pelanggan,
·         Websitenya secure (aman). Terbukti dengan adanya s pada HTTPnya. Atau HyperText Transfer Protocol Secure,
·         Dapat berkirim pesan dari pelanggan ke pihak langsung Golden Goal.

B.      Kelemahan Website
·         Belanja online di website ini sangat di batasi waktunya dan harinya, hanya 08.00-17.00 pada umumnya belanja online mempunyai waktu 24 jam dan tidak bisa belanja online pada hari sabtu,minggu dan hari besar libur.
·         Warna teks atau tulisan pada penjelasan selamat dating, tentang kami, cara belanja di golden goal kurang menarik. Tampilannya kurang menarik hanya font standar dan warna  pada teksnya. Karena background dari web tersebut transparant, alangkah baiknya memberikan warna dan tampilan yang lebih menarik lagi pada teksnya agar dapat terlihat dengan jelas oleh pelanggan. Atau mungkin, dapat diganti warna backgroundnya dengan warna lain,
·         Tidak adanya FAQ (Frequently Asked Question). FAQ merupakan kumpulan dari semua pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pelanggan kepada suatu website. Entah itu pertanyaan seputar web itu sendiri, proses yang diberlakukan dan sejenisnya. Memang benar, jika web ini mempunyai menu Cara Belanja. Namun, di sisi lain FAQ sangat berguna untuk membantu pihak web menjawab semua pertanyaan dari pelanggannya. Sehingga tidak memenuhi kotak masuk dari email web yang dicantumkan dan tidak membuat repot si pembalas. Jadi, apabila terdapat pertanyaan sama yang akan diajukan pelanggan, pelanggan itu hanya mengeklik pertanyaan yang pernah diajukan pelanggan lain dan melihat langsung jawaban dari pihak web yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan kritik akan saya terima dengan senang hati