TUGAS PENGANTAR
KOMPUTASI MODERN
Disusun Oleh :
Nama : Diki Fatih Al
Farabbi
NPM : 52413450
Kelas : 4IA07
Dosen : Siti Saidah
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DEPOK
ATA 2016/2017
Assalamu’alaikum,
saya akan menulis pengamatan dilakukan untuk memenuhi tugas kuliah saya.
Disini, saya akan menampilkan halaman dan menu-menu yang terdapat di website http://www.goldengoalindonesia.com/ Selain itu, saya juga akan
menjelaskan pada setiap tampilan dan akan memberikan penilaian saya terhadap website tersebut. Berikut penjelasan
pengamatan saya :
GOLDEN GOAL INDONESIA
PT BUMI PERKASA SURYA MAS
adalah perusahaan yang memfokuskan pada penjualan eceran alat-alat olahraga
ber-merek khususnya sepakbola & futsal dengan harga diskon. PT Bumi
Perkasa Surya Mas dengan nama : Toko Golden Goal memiliki 2 divisi untuk
melayani konsumen secara Nasional. Golden goal Indonesia merupakan salah satu toko olahraga terbaik dan
terlengkap yang berada di Bekasi. Tempat belanja online shop dengan produk
branded original dan discount besar setiap produknya. Golden goal juga salah
satu toko olahraga terbesar di Indonesia dengan bermacam-macam produk yang
lengkap.
Halaman
Awal (Home Page)
Tampilan
awal web Golden goal Indonesia. Di
tampilan ini terdapat macam-macam brand produk, jam kerja, layanan
customer, bagaimana order pesanan dan tentang sejarah golden goal.
Selain itu, terdapat juga keranjang belanja dan menu login dan register di bagian kiri atas web. Menu Login berfungsi untuk membuat akun adan register untuk mendaftarkan
diri dan dapat langsung Login bagi
pelanggan yang telah mendaftar. Tidak ketinggalan, terdapat juga kotak Search atau pencarian dari produk macam-macam
branded yang pelanggan inginkan.
Menu Kategori produk
Pada
saat klik salah satu kategori, maka secara otomatis akan menampilkan drop-down dari jenis-jenis kategori yang
ada di golden goal. Seperti sepatu bola,
sepatu futsal, bola, sendal dan lainnya. Pelanggan dapat memilih dan
melihat-lihat produk sesuai dengan kebutuhan. Produk ini untuk semua umur dari
orang dewasa sampai anak-anak.
Produk macam-macam
branded
Di
golden goal juga terdapat berbagai jenis produk yang dijual secara online. Pelanggan dapat melihat nama branded
dan harga dari jenis produk yang dijual tersebut. Terdapat juga pilihan Beli untuk langsung dimasukkan ke
keranjang belanja. Selain itu, pelanggan dapat melihat informasi detail
mengenai produk yang diklik itu. Mulai dari harga, warna, ukuran dan jumlah
barang. Berikut adalah tampilannya :
Menu Cara Belanja
Online
Metode cara yang dibuat untuk memudahkan
proses transaksi belanja online oleh
pelanggan. Disini dijelaskan secara detail mengenai tata cara pelanggan mulai
dari login sampai melakukan
pembayaran.
Menu Register
Golden
Goal Indonesia menyediakan menu register untuk para pelanggannya yang belum
mendaftar. Bagi pelanggan yang telah mendaftar, dapat langsung login dengan menggunakan akun yang
dibuat sebelumnya.
Pada
bagian bawah, terdapat tombol Proses
Pembayaran. Proses pembayaran ini akan mengarahkan pelanggan ke menu login untuk melakukan registrasi atau
pun langsung login. Jika sudah, akan
diminta alamat pelanggan untuk mengirim barangnya.
Tentang Kami
Goldem Goal Indonesia
Ini
adalah tampilan untuk melihat perihal mengenai Golden Goal Indonesia. Mulai
dari misi, strategi dan prinsip penjualan.
Media Sosial
Golden
Goal mempunyai beberapa akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram. Pelanggan juga dapat memfollow atau mengikuti akun media sosialnya dan sekaligus
melihat-lihat produk branden apa saja yang ditawarkan.
Analisa
A. Kelebihan Website
·
Memiliki
fitur web yang menarik pelanggan online.
·
Memberikan
informasi detail mengenai produk branden terkenal luar negri maupun dalam
negri, mengupdate produk-produk yang baru, kontak, lokasi dan proses transaksi
belanja online kepada pelanggan,
·
Websitenya secure (aman).
Terbukti dengan adanya s pada
HTTPnya. Atau HyperText Transfer Protocol
Secure,
·
Dapat
berkirim pesan dari pelanggan ke pihak langsung Golden Goal.
B. Kelemahan Website
·
Belanja
online di website ini sangat di batasi waktunya dan harinya, hanya 08.00-17.00
pada umumnya belanja online mempunyai waktu 24 jam dan tidak bisa belanja online
pada hari sabtu,minggu dan hari besar libur.
·
Warna
teks atau tulisan pada penjelasan selamat dating, tentang kami, cara belanja di
golden goal kurang menarik. Tampilannya kurang menarik hanya font standar dan warna
pada teksnya. Karena background dari web tersebut transparant, alangkah baiknya memberikan warna dan
tampilan yang lebih menarik lagi pada teksnya agar dapat terlihat dengan jelas
oleh pelanggan. Atau mungkin, dapat diganti warna backgroundnya dengan warna lain,
·
Tidak
adanya FAQ (Frequently Asked Question). FAQ merupakan kumpulan dari semua
pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pelanggan kepada suatu website. Entah itu pertanyaan seputar web itu sendiri, proses yang
diberlakukan dan sejenisnya. Memang benar, jika web ini mempunyai menu Cara
Belanja. Namun, di sisi lain FAQ sangat berguna untuk membantu pihak web menjawab semua pertanyaan dari
pelanggannya. Sehingga tidak memenuhi kotak masuk dari email web yang
dicantumkan dan tidak membuat repot si pembalas. Jadi, apabila terdapat
pertanyaan sama yang akan diajukan pelanggan, pelanggan itu hanya mengeklik
pertanyaan yang pernah diajukan pelanggan lain dan melihat langsung jawaban
dari pihak web yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar dan kritik akan saya terima dengan senang hati